ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH DESA | SCHOLAE

KPU Sorsel Lantik 369 Anggota PPS

Selasa , 16 Juni 2020 | 10:30
KPU Sorsel Lantik 369 Anggota PPS
KPU Sorong Selatan, Ester Homer, SE melantik 369 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) bertempat di Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan, Senin (15/6/2020). (Arahkita/Engelberto)

TEMINABUAN, ARAHKITA.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sorong Selatan,  Ester Homer, SE melantik 369 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan disebar di 121 Kampung dan 2 Kelurahan se-kabupaten Sorong Selatan bertempat di Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan, Senin (15/6/2020).

Turut hadir menyaksikan pelantikan ini Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh staf ahli bidang Sosial Kebudayaan Yakob Thesia,S.Pd,Kasdim Kodim Persipan Sorong Selatan Mayor CBA Raden Heri Purwoto,Kabag OPS AKP.Makmur,Kepala Kantor Kementerian Agama Sorong Selatan Drs DM Syaranamual.MPd.Bawaslu Sorong Selatan Joas Safkembolo.SH serta Anggota Komisioner KPU Sorong Selatan.

Ester Homer, SE selaku Ketua KPU Kabupaten Sorong Selatan dalam sambutanya menjelaskan bahwa Tahapan Pilkada 2020 mengalami hambatan karena bencana wabah Covid 19 yang mana jadwal sebelumnya adalah tanggal 30 Maret 2020 sehingga baru dapat dilaksanakan lagi pada tanggal 15 Juni 2020, berdasarkan PKPU No 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan Program dan Jadwal dengan memperhatikan Protokoler Kesehatan COVID-19, ”ungkapnya

“Saat ini kita semua terlihat berbeda karena sebelumnya kita bebas berbicara tanpa masker ,dan bebas berjabat tangan serta tempat duduknya berhimpitan namun saat ini kita harus memakai masker tanpa jabat tangan dan tempat duduk pun telah ditata dengan jaga jarak,”ungkapnya. Hal ini semata mata untuk mencegah menularnya COVID-19 yang sedang melanda Negara Kita.

Lebih lanjut Ester Homer menambahkan bahwa kurang lebih 2 Bulan 14 hari terjadi penundaan pelaksanaan Tahapan Pilkada di Sorsel dan hari ini baru terlaksana Pelantikan Anggota PPS,Pihaknya juga akan menertibkan kembali Panitia Pemungutan Distrik (PPD) yang mana sebelumnya telah di batalkan dan mulai tanggal 15 Juni 2020 diaktifkan kembali.

Ester Homer Berharap kepada anggota PPS yang baru dilantik bahwa Anggota PPS hendaknya bekerja agar pilkada 2020 berjalan sukses dan lancar

“Anda berada disini tidak bekerja untuk kepentingan pribadi,golongan serta kepentingan bakal calon maupun calon bupati yang akan berlomba nantinya,"ungkapnya.

Pasalnya bahwa jika ada Anggota PPS yang hendak bekerja untuk partai politik dirinya meminta agar segera mengundurkan diri karena masih banyak warga sorsel yang mau menempati jabatan tersebut,”tandasnya

Diharapkan anggota PPS yang baru dilantik untuk bekerja dengan jujur dan menjaga netralitas selanjutnya dirinya mengingatkan agar anggota PPS yang baru dilantik jangan menjadi anggota PPS karena titipan.

Sementara itu Dominikus Kambu,SE selaku sekretaris KPU menjelaskan bahwa pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU kabupaten Sorong Selatan Nomor 39/PP.04.2-Kpt/9204/KPU-Kab/VI/2020 tentang penetapan dan Pengangkatan Anggota Panitia Pemungutan Suara di kabupaten Sorong Selatan Untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sorong Selatan Tahun 2020.

Menurutnya jumlah seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) berjumlah 369 Anggota yang akan disebar di 121 Kampung dan 2 Kelurahan se kabupaten Sorong Selatan.

Laporan: Engelberto

 


Editor : Farida
KOMENTAR