ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH DESA | SCHOLAE

PDIP Umumkan 75 Pasangan Calon Pilkada 2020, Pengamat: PDIP Serius Menangkan Pilkada

Selasa , 11 Agustus 2020 | 09:00
PDIP Umumkan 75 Pasangan Calon Pilkada 2020, Pengamat: PDIP Serius Menangkan Pilkada
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (11/8/2020). (pindainews)

JAKARTA, ARAHPOLITIK.COM - PDI Perjuangan (PDIP) pada Kamis ini kembali mengumumkan kandidat yang akan diusung di Pilkada 2020.

Pengumuman ini adalah gelombang ketiga setelah pengumuman pertama 19 Februari dan 17 Juli 2020. Direncanakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP bidang politik Puan Maharani akan mengumumkan langsung.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan arahan berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab pemimpin. Sementara Mbak Puan akan membacakan rekomendasi pasangan calon tersebut," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Menurut Hasto, pengumuman calon kepala daerah gelombang III ini merupakan bagian dari komitmen partai dalam menyiapkan calon pemimpin terbaik untuk rakyat dalam Pilkada 2020.

"Pilkada bagi PDI Perjuangan adalah momentum konsolidasi partai. Maka kali ini, kami akan mengumumkan 75 pasangan calon kabupaten-kota," kata Hasto.

Sebagai komitmen pada protokol pencegahan COVID-19, kata Hasto, PDIP tetap melakukan pengumuman via teleconference.

Pasangan calon akan mengikuti pengumuman dari kantor DPC maupun DPD di wilayah masing-masing. Sementara DPP PDIP akan memimpin dari kantor pusatnya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Tepat pukul 10.00 WIB, lagu Indonesia Raya akan berkumandang, dilanjut mengheningkan cipta dipimpin oleh Hasto serta pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPP PDIP Sukur Nababan.

Hasto menyatakan keseriusan pihaknya dalam menghadapi Pilkada 2020. Kesiapan PDIP telah menyiapkan pelatihan bagi 4.500-an pelatih saksi di tingkat nasional yang nantinya bertugas melatih 120 ribuan saksi.

"Setelah pengumuman tahap ketiga, DPP Partai segera mempersiapkan sekolah partai untuk para calon kepala daerah angkatan pertama secara daring," kata Hasto.

Pengamat: PDIP Serius Menangkan Pilkada
Sementara Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menyebutkan, langkah PDI Perjuangan yang sudah mengumumkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sebanyak dua tahap sebagai bentuk keseriusan partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu untuk memenangkan Pilkada Serentak 2020.

Karyono, di Jakarta, Selasa (11/8/2020), mengatakan, cara PDIP yang mengumumkan calon kepala daerah nya lewat telekonferensi merupakan manuver untuk menjaga semangat para kader dan jajarannya agar fokus terhadap Pilkada yang akan datang.

"PDIP sebagai partai besar sekaligus partai pemenang pemilu nasional dua kali berturut-turut tentu akan menjaga reputasinya. Di antaranya adalah keseriusan dalam memenangkan Pilkada Serentak," kata Direktur Eksekutif IPI ini.

Dia menilai PDIP tentunya menargetkan kemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Karena itu, kemenangan Pilkada Serentak 2020 sebagai pintu masuk yang saling berkorelasi dengan kontestasi politik nasional.

"Infrastruktur dan instrumen politik yang dimiliki PDIP saat ini bisa menjadi modal untuk bertarung di Pilkada Serentak 2020," kata Karyono.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin memandang inovasi PDIP dengan transparansi dan penggunaan teknologi di tengah pandemik COVID-19 sebagai upaya untuk mengungguli partai politik lainnya.
Ujang pun meminta partai politik lainnya untuk mewaspadai langkah PDIP itu agar tidak ketinggalan.

"PDIP sebagai partai pemenang Pemilu tentu tak ingin kecolongan dan kalah dalam Pilkada. Mereka akan mati-matian untuk menang di Pilkada Serentak 2020. Karena bagaimanapun menang di Pilkada itu merupakan investasi untuk Pemilu 2024. Sepertinya mereka sangat serius," ujar Ujang dikutip Antara.

Ujang juga mengharapkan PDIP terus memperjuangkan aspirasi rakyat karena merupakan komitmen PDIP yang menyatakan diri sebagai partai "wong cilik".

"Tantangan nya harus meyakinkan rakyat. Bahwa PDIP masih merupakan partai wong cilik. Partai yang peduli pada rakyat," ucap Ujang menegaskan.

Seperti diketahui, PDIP telah mengumumkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah nya.


Editor : Farida
KOMENTAR